Senin, 11 Januari 2016

Cara Setting Mikrotik RB 951

Untuk kali ini saya akan membagi kan tutorial saya tentang cara menyetting mikrotik rb 951 2n 

- Pertama masuk dulu ke koneksi jaringan atur dulu jaringan nya



   Jika sudah seperti diatas kita bisa masuk ke winbox. (catatan "saat membuat koneksi jaringan, kalian bebas membuat manual atau otomatis kalau kita otomatis kita tidak perlu menyeting ip,netmask,gateway. kalau manual sebaliknya") kali ini saya akan mengkonfigurasi menggunakan otomatis.

- Untuk lebih jelasnya kalian dapat mengikuti gambar dibawah ini.


 - Oke, setelah masuk kebetulan saya belum me reset mikrotik, langsung saja kita reset.


- Selanjutnya kasih identitas di mikrotik kita.


- Selanjutnya kita kasih interfaces nya sesuai konsep akan di apakan mikrotik nya.
 Jika kurang jelas kalian dapat mengikuti gambar dibawah ini.


- Setelah itu interfaces kita bagi ip'' nya.


 - Catatan khusus "pembagian ip khusus ip yang kita gunakan sebagai internet harus 1 subnet dengan ip dengan sambungan internetnya berhubung saya berada di blc telkom klaten maka ip saya harus connect dengan ip blc telkom klaten".

- Setelah itu kita setting DNS nya.


- Nah DNS itu server langganan apa ? nah, tergantung kita berlayanan dengan apa ? DNS nya dari Telkom Jakarta dan telkom  Surabaya.

- Selanjutnya setting ip router nya > gateway.


- Gateway yang saya gunakan adalah gateway dari blc telkom klaten.

- Selanjutnya kita setting firewall.



- Out interfaces > Kita buat sebagai pemancarnya.
- Action nya kita buat masqurade.

- Setelah itu kita ping google.com, di new terminal.


- Nah untuk pengepingannya kita sukses.

- Jika sudah kita masuk ke hotspot.


- Buat settingannya seperti di atas.

- Setelah itu masuk ke wirreles.



- Nah selanjutnya kita setting waktu nya.


- Nah setelah selasai kita reboot aja mikrotik nya, caranya:
   #system>reboot tunggu mikrotik nya merestart.

- Setting mikrotik selesai kita connect kan dengan wifi yang telah kita setting dengan ssid nya.

- Nah masuk ke google tulis DNS NAME nya tadi yang sudah de setting.

- Selesai sudah setting dasar mikrotik nya.
  semoga tutorial saya dapat membantu kalian, selamat mencoba dan semoga berhasil. :D

0 komentar:

Posting Komentar